Call us or WhatsApp at
+65 9657 1826
Call us or WhatsApp at
+65 9657 1826
Get started now!
Get started now!

36 pertanyaan untuk membuatmu jatuh cinta, menurut psikolog Arthur Aron


small4

(Credits)

36 pertanyaan yang akan membuat hubungan kamu maju pesat

Menurut sebuah studi oleh peneliti psikologi sosial Arthur Aron di Universitas Stony Brook, memberi 36 pertanyaan yang telah dirancang kepada orang asing dan setelahnya mempertahankan kontak mata secara berkesinambungan selama empat menit merupakan cara jitu untuk menyalakan api cinta – atau, setidaknya, bisa sangat mempercepat rasa keintiman di antara kalian berdua. 36 pertanyaan khusus digolongkan dalam tiga set, dan masing-masing set dikembangkan agar lebih personal.

36 pertanyaan dirancang secara cermat untuk membangun dan mengembangkan sebuah hubungan dekat di antara teman sejawat dengan mendorong “pengungkapan diri yang berkesinambungan, semakin meningkat, saling timbal balik”. Awalnya diciptakan tahun 1997, pertanyaan tersebut semakin populer setelah The New York Times menerbitkan sebuah artikel, di bawah rubriknya yang terkenal “Modern Love”, oleh profesor universitas Mandy Len Catron, yang secara pribadi mencoba eksperimen tersebut dengan seorang kenalannya.

735b67fc_shutterstock_149495843-xxxlarge_2x

(Credits)

…dan ini berhasil!

Catron sendiri mengaku, “Kami semua memiliki cerita sendiri yang kami berikan ke orang asing dan kenalan, tetapi pertanyaan Dr. Aron membuat cerita tersebut mustahil untuk diandalkan. Kami merupakan jenis percepatan keintiman yang saya ingat dari kamp musim panas, begadang semalaman dengan teman baru, bertukar cerita tentang hidup kami yang singkat “Dan, ajaib oh ajaib. Catron telah jatuh cinta dengan kenalan tersebut, memilih untuk mengakhiri artikelnya dengan mengatakan, “Cinta tidak terjadi pada kami. Kami jatuh cinta karena masing-masing dari kami memilih untuk jatuh cinta.” Terutama yang menarik adalah bagaimana pengalamannya benar-benar sesuai dengan dasar eksperimen asli tersebut. Bahwa hubungan dekat itu terbentuk melalui tindakan yang berkesinambungan dan bukan karena kebetulan.

Forbes, Business Insider, Telegraph, danThe Big Bang Theorymemperbincangkannya

Artikel Catron ini akhirnya memicu minat besar dalam set-set pertanyaan, menyebabkan pertanyaan-pertanyaan tersebut melambung sebagai topik baru yang panas pada saat itu. Dengan metodologi dan hasilnya yang dibahas secara luas, diuji dan dilaporkan oleh beberapa sumber lain, reaksi dan opini juga sama beragamnya sebagaimana mereka hadir, dengan sumber-sumber seperti Forbes, Business Insider dan Telegraph yang memberi pendapat tentang subyek ini. Bahkan sitkom budaya hit pop The Big Bang Theory juga mendukung teori ini – dalam sebuah episode berjudul ” The Intimacy Acceleration “, dua karakter utama, Penny dan Sheldon, sepakat untuk menguji teknik tersebut. Spoiler alert: mereka tidak jatuh cinta … tapi mereka berhasil menjadi lebih dekat sebagai teman. Cukup keren untuk investasi selama satu jam, bukan begitu?

couple

(Credits)

Bagaimana 36 pertanyaan tersebut bisa membantumu

Studi ini memang memiliki ide tepat di belakangnya, dan pastinya mendorong perkembangan pola pikir yang tepat. Melihat proses menjadi lebih dekat dengan orang lain sebagai pilihan disengaja dan sadar adalah suatu pemberdayaan pola pikir yang jelas jauh dari komponen “keberuntungan” dimana kebanyakan dari kita menggunakannya sebagai alasan. Cukup berpikir: bagaimana jika kita berhenti bertanya-tanya mengapa orang X tampaknya tidak pernah berminat pada kita, dan sebaliknya mulai mendekati dia dan aktif melibatkan mereka secara terbuka dan terarah dengan tujuan memacu hubungan yang lebih personal? Kita tahu, itu seperti konsep – novel yang indah – dan menakutkan. Tapi mengapa tidak mencobanya? Tampaknya ini telah berhasil pada banyak orang di seluruh dunia, jadi pasti ada beberapa kebenaran di balik fenomena tersebut.

Kami tidak akan menunggu lebih lama lagi. Berikut adalah 36 pertanyaan yang akan membuatmu jatuh cinta. Semua yang terbaik!

Set Pertama

  1. Diberi pilihan siapa saja di dunia ini, siapa yang kamu inginkan sebagai tamu makan malam?
  2. Apa kamu ingin jadi terkenal? Dengan cara apa?
  3. Sebelum melakukan panggilan telepon, apa kamu pernah melatih apa yang akan kamu katakan? Mengapa?
  4. Apa yang merupakan hari “sempurna” bagimu?
  5. Kapan terakhir kali kamu menyanyi untuk dirimu sendiri? Untuk orang lain?
  6. Jika kamu bisa hidup hingga 90 tahun dan dapat mempertahankan pikiran atau tubuh di usia 30 tahun hingga 60 tahun terakhir hidupmu, mana yang ingin kamu pertahankan?
  7. Apakah kamu punya firasat rahasia tentang bagaimana kamu akan mati?
  8. Sebutkan 3 kesamaan yang tampaknya ada dalam dirimu dan pasanganmu.
  9. Untuk hal apa dalam hidupmu kamu merasa paling bersyukur?
  10. Jika kamu bisa mengubah apapun tentang bagaimana cara kamu dibesarkan, apakah itu?
  11. Gunakan waktu empat menit dan ceritakan pada pasanganmu tentang kisah hidupmu sedetail mungkin.
  12. Jika esok hari kamu bisa bangun dan bertambah satu kualitas atau kemampuanmu, apakah itu?

7

(Credits)

Set Kedua

  1. Jika bola kristal dapat mengatakan kebenaran tentang dirimu, hidupmu, masa depan atau apapun, apa yang ingin kamu ketahui?
  2. Apakah ada sesuatu yang sudah lama kamu impikan untuk melakukannya? Mengapa kamu belum melaksanakannya?
  3. Apakah pencapaian terbesar dalam hidupmu?
  4. Apa yang paling kamu hargai dalam persahabatan?
  5. Apa memori kamu yang paling berharga?
  6. Apa memori kamu yang paling buruk?
  7. Jika kamu tahu dalam satu tahun kamu akan mati tiba-tiba, apakah kamu akan mengubah cara hidup kamu yang sekarang ini? Mengapa?
  8. Apa arti persahabatan bagimu?
  9. Apa peranan cinta dan kasih sayang dalam hidupmu?
  10. Secara bergantian, katakanlah sesuatu yang kamu anggap sebagai karakteristik positif dari pasanganmu. Sebutkan lima hal?
  11. Seberapa dekat dan hangatnya keluarga kamu? Apa kamu merasa masa kecilmu lebih bahagia daripada kebanyakan orang lain?
  12. Bagaimana kamu merasakan hubunganmu dengan ibumu?

asian-couple

(Credits)

Set Ketiga

  1. Buatlah masing-masing tiga pernyataan tentang ‘kita’ yang tepat. Sebagai contoh, “Kita berdua di kamar ini merasa…”
  2. Lengkapi kalimat ini: “Aku berharap memiliki seseorang dimana aku dapat berbagi…”
  3. Jika kamu akan menjadi teman dekat pasanganmu, silakan menceritakan hal penting apa yang harus diketahuinya.
  4. Katakan pada pasanganmu apa yang kamu suka darinya; jujurlah, katakan sesuatu yang mungkin tidak kamu katakan pada seseorang yang baru saja kamu jumpai.
  5. Berbagilah dengan pasanganmu momen memalukan dalam hidup kamu.
  6. Kapan terakhir kali kamu menangis di depan orang lain? Seorang diri?
  7. Katakan pada pasanganmu sesuatu dari dirinya yang sudah kamu sukai.
  8. Apa, jika ada, suatu hal yang terlalu serius untuk dibuat bercandaan?
  9. Jika kamu mati malam ini tanpa ada kesempatan untuk berbicara dengan siapapun, apa yang paling kamu sesali karena tidak mengatakan sesuatu pada seseorang? Mengapa kamu belum mengatakannya?
  10. Rumah kamu, dan segala isinya, terbakar. Setelah berhasil menyelamatkan orang-orang yang kamu cintai dan hewan peliharaan, kamu punya waktu terakhir untuk menyelamatkan satu barang. Apakah itu? Mengapa?
  11. Dari semua orang di keluargamu, kematian siapa yang paling mengganggumu? Mengapa?
  12. Berbagilah masalah pribadi dan minta nasihat pada pasanganmu tentang kemungkinan bagaimana dia akan mengatasinya. Juga, mintalah pasangan kamu untuk merefleksikan kembali padamu bagaimana kamu menganggap masalah yang telah kamu pilih tersebut.

 


Recommended posts

6 Tips To Survive LDR
6 Tips To Survive LDR
Long distance relationship (LDR) becomes a huge reason why some people don’t get into a relationship. “I REALLY like him/her but we're not even in the same time zone”. Which...

Read more

Are You Adventurous Enough To Try Something New?
Are You Adventurous Enough To Try Something New?
Sometimes it's scary to try something new, because we're used to doing something that we already know of.  But at the same time, without trying something new, we'll never discover...

Read more

6 Signs Of a Toxic Relationship
6 Signs Of a Toxic Relationship
When we think about toxic relationship, our minds synonymize it to physical abuse and overbearing partners. Sure, that is toxic but those aren’t the only traits of a toxic relationship. ...

Read more

Your journey to finding the love of your life begins here.
Request for an invitation to meet with our Dating Consultant today.
Your journey to finding the love of your life begins here.
Request for an invitation to meet with our Dating Consultant today.
FemaleMale

By submitting this form, you agree to the Agency Policy of Lunch Actually.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.